Matematika

SILABUS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MATA PELAJARAN

MATEMATIKA

KELAS VII

SMP PLUS MUHAMMADIYAH TANJUNGSARI

2 0 0 9

Mata Pelajaran         :   Matematika

Kelas                           :   VII

Semester                  :   1 (satu)

Standar Kompetensi   : BILANGAN

1.     Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok

Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu

(menit)

Sumber

Belajar

Teknik Bentuk Instrumen Contoh

Instrumen

 

1.1.     Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan.

 

 

 

Bilangan Bulat dan Bilangan Pecahan

 

 

 

 

 

 

  • Melakukan diskusi tentang jenis-jenis bilangan bulat beserta contohnya.
  • Mengidentifikasi besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan bulat.

 

 

  • Membuat garis bilangan dan menentukan letak bilangan bulat pada sebuah garis bilangan.
 

  • Memberikan contoh bilangan bulat.

 

 

 

  • Menentukan letak bilangan  bulat dalam garis bilangan.
 

  • Tugas individu.
 

  • Uraian singkat.
 

1.   Perhatikan daftar berikut:

-60, 10, 15, 24, +85, -6, 0, 3.

a. Tulislah bilangan bulat positifnya.

b. Tulislah bilangan bulat negatifnya.

c.  Manakah yang bukan bilangan bulat positif maupun negatif.

2.


Letakkanlah bilangan -1, 0, dan 3 pada garis bilangan tersebut

 

2 ´ 40‘

 

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 1, Erlangga.
  • Garis Bilangan, termometer.
  • Buku referensi lain
   

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Mendiskusikan cara melakukan operasi penjumlahan pada bilangan bulat.
  • Mendiskusikan cara melakukan operasi pengurangan pada bilangan  bulat.
  • Mengenal sifat-sifat pada operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
  • Mendiskusikan cara melakukan operasi perkalian dan pembagian pada bilangan bulat termasuk operasi campuran.
  • Menentukan sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan bulat negatif dengan negatif dan positif dengan negatif.
 

  • Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat termasuk operasi campuran.

 

 

 

 

 

  • Tugas individu.
 

  • Uraian singkat.
 

A. Hitunglah.

a.  4 + (-6)

b.  -14 – (-20)

c.  3 ´ (-7 + 10)

d.  18 : (-3)

 

B. Sebuah kotak memuat 25 buah jeruk. Jika ada 140 buah jeruk, berapa banyak kotak yang harus disediakan?

 

 

 

 

 

2 ´ 40‘

 

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 1, Erlangga.

.

  • Buku referensi    lain.

 

 

   

 

 

  • Mendiskusikan cara menaksir hasil perhitungan dari operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat dengan terlebih dahulu melakukan pembulatan terhadap bilangan tersebut.

 

  • Menghitung kuadrat dan akar kuadrat bilangan bulat dengan dan tanpa kalkulator.
  • Menghitung pangkat tiga dan akar pangkat tiga bilangan bulat dengan dan tanpa kalkulator.
 

  • Menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat.

 

  • Menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
 

  • Tugas individu.
 

  • Uraian singkat.
 

Tentukan pendekatan hasil perhitungan berikut ke angka puluhan terdekat!

a.

b.

Hitunglah.

a.  Kuadrat dari (-20)

b.

c.

d.

 

2 ´ 40‘

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 1, Erlangga.

 

  • Buku referensi    lain.

 

 

   

 

 

  • Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan bilangan bulat.

 

 

  • Mengerjakan soal dengan  baik berkaitan dengan materi mengenai bilangan bulat.

 

 

  • Ulangan harian.
 

  • Uraian singkat.

 

 

 

 

 

 

 

1.    Dalam suatu permainan, bila menang diberi nilai 3, bila kalah diberi nilai -2, dan bila seri diberi nilai -1. Suatu regu telah bermain sebanyak 47 kali, 21 menang, dan    3 kali seri. Nilai yang diperoleh regu itu adalah ….

 

2.    Sederhanakanlah bentuk perkalian   3 ´ 3 ´ 3 ´ 5 ´ 5 ´ 5 menjadi bentuk pangkat tiga, kemudian hitunglah.

 

2 ´ 40‘

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 1, Erlangga.

.

  • Buku referensi    lain.

Lain.

   

 

 

  • Mendiskusikan jenis-jenis bilangan pecahan (bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, persen, dan permil) beserta contohnya.
  • Mendiskusikan bilangan pecahan yang senilai.

 

  • Mengubah bentuk pecahan biasa menjadi pecahan campuran, dan sebaliknya.

 

 

  • Mengurutkan pecahan dan menentukan letak pecahan tersebut pada garis bilangan.

 

 

  • Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan: bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, persen, dan permil.

 

 

  • Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.

 

  • Mengurutkan pecahan.
 

  • Tugas  kelompok
 

  • Uraian singkat.
 

1. Dua buah roti bolu dibagikan kepada 4 anak secara merata. Masing-masing anak memperoleh …… bagian

2.  Tulislah  sebagai pecahan biasa.

3.    Tulislah  sebagai pecahan campuran.

4.    Tulislah   dalam persen dan permil.

5.    Ubahlah pecahan dalam bentuk desimal.

6.    Urutkan pecahan-pecahan berikut dari  yang terkecil.

a.          b.

 

4 ´ 40‘

 

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 1, Erlangga.

 

  • Kue yang berbentuk bulat,buah-buahan,dll

.

  • Buku referensi    lain.

 

 

 

   

 

 

  • Melakukan operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada pecahan dan bilangan desimal.

 

 

 

  • Menyelesaikan perpangkatan pecahan.

 

 

  • Menuliskan suatu bilangan ke dalam bentuk baku (bentuk ilmiah).
  • Mendiskusikan cara membulatkan

bilangan pecahan sampai satu atau

dua desimal.

  • Menaksir hasil operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada pecahan dan bilangan desimal
 

  • Menyelesaikan operasi hitung: penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan pangkat bilangan  pecahan dan bilangan desimal.

 

  • Menuliskan bilangan pecahan  bentuk baku.

 

  • Menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.
 

  • Tugas  individu.
 

  • Uraian singkat.
 

1.    Hitunglah:

a.

b.

c.    16,7 + 4,25

d.    5,8 – 4,37

e.

 

2.    Tulislah dalam bentuk baku.

a.    0,0000000705                           b.   25,6

3.    Taksirlah.

a.                 c.   1,39 + 0,69

b.           d.   72,3 : 8,7

 

4 ´ 40‘

 

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 1, Erlangga.

.

  • Buku referensi    lain.

 

 

 

   

 

 

  • Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan bilangan pecahan.
 

  • Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai bilangan pecahan,
 

  • Ulangan harian.
 

  • Uraian singkat.

 

 

  • Pilihan ganda.
1.    Jika , berapakah nilai d ?

 

 

2.    Berapakah 9 + 18 : 4,5 ?

a.   6            c. 31,5

b.  13           d. 36

 

2 ´ 40‘

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 1, Erlangga.
  • Buku referensi    lain
 

1.2.     Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah.

 

  • Bilangan bulat dan bilangan pecahan.

 

 

  • Mendiskusikan sifat-sifat operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian pada bilangan bulat dan pecahan.
  • Mendiskusikan cara menggunakan sifat-sifat operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan bulat dan pecahan

 

 

  • Menemukan dan menggunakan sifat-sifat operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian pada bilangan bulat dan pecahan untuk menyelesaikan masalah.
 

  • Tugas  kelompok
 

  • Uraian singkat.
 

1.    Isilah titik-titik berikut ini.

a.  -9 + 3 =  ….

b.  3 + (-9) =  ….

Jadi, -9  +  3 = ….  +  ….

 

2.    a.  2  (4   5) = ….

b.  (2  4)  5  = ….

Jadi, 2  (4  5) =

( …. ….) ….  = ….

 

3.   Mino mempunyai sebuah bilangan bulat. Bilangan tersebut bila dikalikan 2 kemudian ditambah 7 menghasilkan bilangan itu sendiri. Tentukan nilai blangan tersebut.

 

4.   Dalam sebuah karung beras ada 25 kg beras yang akan dibagikan kepada 10 orang. Berapa kg beras bagian dari masing-masing orang tersebut?

 

4 ´ 40‘

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 1, Erlangga.

.

  • Buku referensi    lain.

 

 

 

Standar Kompetensi           : ALJABAR

2.   Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok

Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu

(menit)

Sumber

Belajar

Teknik Bentuk Instrumen Contoh

Instrumen

 

2.1.     Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.

 

 

Bentuk Aljabar

 

 

  • Memahami pengertian bentuk aljabar.
  • Menuliskan suatu pernyataan ke dalam bentuk aljabar dan memodelkannya dalam ubin aljabar.
  • Menuliskan kalimat atau pernyataan yang mungkin dari suatu bentuk aljabar.
  • Mengenal variabel, konstanta, suku, koefisien suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis sebagai penyusun atau komponen dari bentuk  aljabar.
 

  • Menjelaskan pengertian variabel, konstanta, suku, koefisien suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis.

 

 

 

 

 

  • Tugas individu.
 

  • Uraian singkat.
 

Dari bentuk aljabar  2x + 3, manakah yang merupakan variabel dan manakah yang merupakan konstanta?

 

 

 

 

 

 

2 ´ 40‘

 

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 1, Erlangga.

.

  • Buku referensi    lain.

 

 

 

2.2.    Melakukan operasi pada bentuk aljabar.

 

Bentuk Aljabar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Melakukan operasi hitung (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pangkat, dan akar) pada bentuk aljabar.
  • Menggunakan sifat-sifat operasi hitung untuk menyelesaikan soal yang dinyatakan dalam bentuk aljabar.
  • Menyederhanakan bentuk aljabar.

 

  • Melakukan operasi hitung (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pangkat) pada pecahan aljabar dengan penyebut suku tunggal.
  • Menyederhanakan hasil operasi pecahan aljabar.
 

  • Melakukan operasi hitung, tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar.

 

  • Menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal

 

 

  • Tugas kelompok
 

  • Uraian singkat.
 

Hitunglah.

a.  4 + (-6)

b.  -14 – (-20)

c.  3 ´ (-7 + 10)

d.  18 : (-3)

e.  Perusahaan “Langsung Sadar” memberi bantuan korban gempa sebanyak 20 dus mie, 40 liter minyak goreng. Satu dos mie berisi 144 bungkus dengan harga Rp 900,00 per bungkus, dan harga minyak goreng Rp 4.500,00 per liter. Berapa rupiah jumlah bantuan di atas?

 

 

 

4 ´ 40‘

 

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 1, Erlangga.

.

  • Buku referensi    lain.

 

 

 

     

  • Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan aljabar

 

 

 

 

 

  • Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai      bentuk aljabar dan aritmetika sosial.

 

 

  • Ulangan harian.
 

  • Uraian singkat.

 

 

  • Pilihan ganda.
 

1.    Tono memiliki uang sebanyak lima kali uang Toni. Jika uang Tono adalah Rp.125.000.00, berapakah uang Toni?

 

2.    Nilai  jika  adalah ….

a.  45                     c.  21

b.  -15                   d.  39

 

2 ´ 40’

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 1, Erlangga.
  • Buku referensi    lain
 

2.3.     Menyelesaikan persamaan linear satu variabel.

 

Persamaan Linear Satu Variabel.

 

 

  • Mengenal kalimat terbuka
  • Mendiskusikan persamaan linear satu variabel (PLSV) dalam berbagai bentuk dan variabel.
  • Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama.
  • Menentukan penyelesaian dari suatu  PLSV dengan cara menutup suku yang memuat variabel, menggunakan model ubin, menyetarakan persamaan dan menyederhanakannya, dan menentukan rumus.
 

  • Mengenal PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel.

 

 

 

  • Menentukan

bentuk setara dan penyelesaian dari PLSV.

 

 

 

 

 

 

  • Tugas  kelompok.
 

  • Daftar pertanyaan.

 

 

 

 

  • Uraian singkat.
 

1.    Manakah yang merupakan PLSV?

a.   x + 3

b.  y – 3x = 0

c.   3x – 6 = 9

d.  a + 4 = 18

 

2.    Tulislah lima persamaan lain yang setara dengan:

a.  4 – 2x = 6

b.  x + 7 = 10

 

3.   Carilah penyelesaian dari persamaan di bawah ini dengan cara yang mudah.

a.  64  =  n + 34

b.  5 – 3p = 9 – p

 

4 ´ 40‘

 

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 1, Erlangga.

.

  • Buku referensi    lain.

 

 

 

 

2.4.     Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel.

 

Pertidaksamaan Linear Satu Variabel.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Menyatakan dengan lisan dan tertulis kejadian sehari-hari yang terkait dengan masalah pertidaksamaan.
  • Menggunakan notasi
  • Mendiskusikan pertidaksamaan linear satu variabel (PtLSV) dalam berbagai bentuk dan variabel.
  • Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama.
  • Menentukan penyelesaian dari pertidaksamaan linear satu variabel (PtLSV), kemudian menggambarkan garis bilangan yang menunjukkan penyelesaiannya.
 

  • Mengenal PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel.

 

  • Menentukan bentuk setara dan penyelesaian dari PtLSV.

 

 

 

  • Tugas  individu.
 

  • Uraian singkat.
 

1.    Manakah yang merupakan PtLSV?

a.   –2a + 5  –1

b.   3x – 7  = 10

c.   5a + 2  > 4

d.   –p =  –3

 

2.    Tulislah lima persamaan lain yang setara dengan 3x – 8 > -2.

 

3.    Carilah penyelesaian dari pertidaksamaan erikut da gambarlah penyelesaiannya pada garis bilangan.

a.  7k + 3 > 4k – 2

b.  4  –  2(x + 1) < 0

 

4 ´ 40‘

 

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 1, Erlangga.

.

  • Buku referensi    lain.

 

 

 

 

 

 

Standar Kompetensi           : ALJABAR

3.  Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah.

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok

Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu

(menit)

Sumber

Belajar

Teknik Bentuk Instrumen Contoh

Instrumen

 

3.1.     Membuat  model matematika    dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.

 

Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel.

 

  • Mendiskusikan model matematika.

 

  • Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel.

 

 

 

  • Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel.

 

 

 

 

  • Tugas individu.
 

  • Uraian singkat.
 

Nyatakanlah ke dalam model matematika.

Dian membeli 3 kg gula pasir. Dia membayar dengan selembar uang dua puluh ribuan dan menerima uang kembalian sebesar Rp3.500,00

 

 

 

 

 

2 ´ 40‘

 

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 1, Erlangga.

.

  • Buku referensi    lain.

 

 

     

  • Membuat model matematika suatu masalah sehari-hari dalam bentuk pertidaksamaan linear satu variabel.
 

  • Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel.
 

  • Tugas individu.
 

  • Uraian singkat.
 

Nyatakanlah ke dalam model matematika.

Sebuah bilangan dikalikan 2 kemudian ditambah 15, hasilnya akan lebih besar dari 20.

 

2 ´ 40‘

 

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 1, Erlangga.

 

 

3.2.     Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.

 

Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel.

 

  • Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel.

 

 

  • Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel.

 

 

  • Tugas kelompok.
 

  • uraian
 

Surya membeli 2 buku. Uang Surya sepuluh ribuan, dan dia mendapat uang kembali sebesar Rp4.000,00. Harga 1 buku adalah…

 

2 ´ 40‘

 

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 1, Erlangga.

.

  • Buku referensi    lain.

 

 

   

 

 

  • Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel.

 

 

  • Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel.

 

 

  • Tugas individu.
 

  • Uraian singkat.
 

Umur Thomas adalah x tahun dan umur Gary 4 tahun lebih tua. Jumlah umur mereka kurang dari 24. Berapakah umur Thomas?

 

2 ´ 40‘

 

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 1, Erlangga.

.

  • Buku referensi    lain.
   

 

 

 

 

  • Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.

 

 

 

 

 

 

  • · Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai

persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.

 

  • Ulangan harian.
 

  • Uraian singkat.

 

  • Pilihan ganda.

 

 

 

 

1.    Penyelesaian dari  7 – 3(y – 2) = 19 adalah …

 

 

2.    Penyelesaian dari m + 8  -5 adalah ….

a.   m > -5

b.   m 3

c.   m -13

d.   m 13

 

2 ´ 40‘

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 1, Erlangga.

.

  • Buku referensi    lain.

 

3.3.     Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana.

 

Aljabar dan Aritmetika Sosial.

 

 

 

 

  • Melakukan simulasi aritmetika sosial tentang kegiatan ekonomi sehari-hari (jual beli).
  • Mendiskusikan pengertian dan cara menghitung nilai keseluruhan, nilai per unit, dan nilai sebagian.
  • Mendiskusikan dan menghitung besar dan persentase untung, rugi,

harga pembelian, harga penjualan, rabat, bruto, tara, netto, pajak, serta bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.

 

  • Menghitung nilai keseluruhan, nilai per-unit, dan nilai sebagian.

 

  • Menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi
 

  • Tugas individu.
 

  • Uraian singkat.
 

1.  Harga 1 losin pensil adalah Rp18.000,00.

a.      Berapakah harga 1 buah pensil?

b.     Berapakah harga 5 buah pensil?

 

2.  Seorang pedagang, Pak Rifki menjual sebuah televisi seharga Rp1.650.000,00. Dari penjualan itu pak Rifki mengambil untung sebesar 10%.

Harga beli televisi itu adalah…

 

 

6 ´ 40‘

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 1, Erlangga.

.

  • Buku referensi    lain.

 

 

 

3.4.     Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah.

 

Perbandingan.

 

 

 

  • Mendiskusikan pengertian skala sebagai suatu perbandingan.
  • Menyebutkan contoh-contoh gambar berskala.

 

  • Mengidentifikasi faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala.
  • Melakukan penghitungan faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala.
  • Mendiskusikan perbandingan senilai dan berbalik nilai.

 

  • Menyebutkan contoh-contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan senilai dan berbalik nilai.

 

 

  • Menggunakan perbandingan senilai dan berbalik nilai untuk menyelesaikan soal/masalah sehari-hari.
 

  • Menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan.

 

  • Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala.

 

 

  • Memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan senilai dan berbalik nilai.

 

  • Menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan senilai dan berbalik nilai.
 

  • Tugas kelompok.
 

  • Uraian singkat.
 

1.    Pada peta propinsi Jambi tertulis:

skala 1: 5.200.000. Apakah arti skala 1 : 5.200.000 tersebut ?

 

 

2.    Pagar yang tingginya 150 cm mempunyai panjang bayangan 3 m. Bila panjang bayangan sebuah tiang bendera 3,5 m, tetukan faktor pengecilannya.

 

 

3.   Jika sebuah kaos harganya  Rp 25.000,00, maka 2 buah kaos harganya Rp50.000,00. Pernyataan tersebut merupakan:

a.  Perbandingan senilai.

b.  Perbandingan berbalik nilai.

 

 

 

4.   Pembangunan sebuah gedung memakan waktu 6 bulan jika dikerjakan oleh 100 orang. Kalau dikerjakan oleh 50 orang, maka waktu yang diperlukan adalah ….

 

6 ´ 40‘

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 1, Erlangga.
  • Buku referensi    lain.

 

   

 

 

  • Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan pebandingan.

 

 

 

 

 

 

  • Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai perbandingan.
 

  • Ulangan harian.
 

  • Uraian singkat.

 

 

 

  • Pilihan ganda.

 

 

 

1.    Skala dari model gedung adalah        1 : 200. Jika tinggi gedung pada model itu 12,5 cm, maka tinggi gedung sebenarnya adalah …

 

2.    Perbandingan luas dua lingkaran adalah 9 : 16. Perbandingan keliling kedua lingkaran itu adalah ….

a.   3 : 4                                c.   6 : 8

b.   9 : 16                              d.   12 : 20

 

2 ´ 40‘

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 1, Erlangga.

.

  • Buku referensi    lain.

 

 

 

 

 

 

 

Sumedang,     Juli 2009

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                                                                                                         Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Tatang Kusnita, S.Pd. Nida Kurniati, S.Pd.

NIP. 130935021

Mata Pelajaran         :   Matematika

Kelas                           :   VII

Semester                  :   2(dua)

Standar Kompetensi   : ALJABAR

4.   Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah.

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok

Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu

(menit)

Sumber Belajar
Teknik Bentuk Instrumen Contoh

Instrumen

 

4.1.     Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya.

 

 

Himpunan.

 

 

 

 

  • Mendiskusikan masalah sehari-hari yang merupakan himpunan.

 

 

 

 

 

  • Menyebutkan anggota dan bukan anggota suatu himpunan.

 

 

 

  • Menyatakan  notasi himpunan.

 

 

  • Mengenal himpunan berhingga dan tak berhingga.

 

 

 

  • Membedakan himpunan kosong, nol, serta notasinya.

 

 

 

  • Mendiskusikan pengertian himpunan semesta, serta menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan semesta.
 

  • Menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya.

 

  • Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan.

 

 

  • Menyatakan notasi himpunan.

 

  • Mengenal himpunan berhingga dan tak berhingga.

 

  • Mengenal himpunan kosong dan nol serta notasinya.

 

  • Mengenal pengertian himpunan semesta, serta dapat menyebutkan anggotanya.
 

  • Tugas individu.
 

  • Uraian singkat.
 

1. Di dalam kelasmu, sebutkan kumpulan obyek yang merupakan himpunan.

 

 

 

 

 

2. Di dalam kelasmu, ada himpunan siswa yang mempunyai satu kakak. Sebutkan anggota-anggotanya dan sebutkan pula yang bukan merupakan anggota.

 

3.  Nyatakan dalam notasi himpunan: himpunan bilangan asli antara 2 dan 11.

 

 

 

4.  Manakah yang merupakan himpunan berhingga dan tak berhingga:

a.        Himpunan bilangan asli

b.        Himpunan bilangan prima kurang dari 10

c.        Himpunan bilangan cacah

d.        Himpunan bilangan bulan antara 2 dan 8

 

 

5.  Manakah yang merupakan himpunan kosong?

0 atau {0} atau  atau .

 

6.  Tentukan tiga himpunan semesta yang mungkin untuk himpunan  A = {0, 2, 4, 6, …}.

 

2 ´ 40‘

 

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 2, Erlangga.

 

  • Lingkungan

.

  • Buku referensi    lain.

 

 

 

 

 

 

4.2.     Memahami konsep himpunan bagian.

 

Himpunan.

 

 

  • Mendiskusikan pengertian himpunan bagian.
  • Mengidentifikasi himpuan bagian suatu himpunan.

 

  • Menentukan banyak himpunan bagian dari suatu himpunan.
  • Menemukan rumus banyak himpunan bagian suatu himpunan.
 

  • Menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan.

 

  • Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan.
 

  • Tugas individu.
 

  • Uraian singkat.
 

1.   Tulislah semua himpunan bagian dari himpunan   K = {3, 4, 5}.

 

 

 

 

2.   Tulislah banyaknya himpunan bagian dari himpunan  Q = {Nama bulan dengan awalan J}.

 

2 ´ 40‘

 

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 2, Erlangga.

.

  • Buku referensi    lain.

 

 

4.3.      Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan komplemen pada himpunan.

 

Himpunan.

 

 

  • Mendiskusikan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan.
  • Menuliskan irisan, gabungan, kurang, dari dua himpunan.
  • Menuliskan notasi irisan dua himpunan.
  • Menuliskan notasi gabungan dua himpunan.
 

  • Menjelaskan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan.

 

 

  • Tugas individu.
 

  • Uraian singkat.
 

Jika A = {a, b, c} dan B = {b, c, d}, maka

A B = …

A B = ….

 

 

2 ´ 40‘

 

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 2, Erlangga.

.

  • Buku referensi    lain.

 

   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Mendiskusikan pengertian kurang (difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya.
  • Menuliskan kurang suatu himpunan dari himpunan lainnya.
  • Menuliskan notasi kurang suatu  himpunan dari himpunan lainnya.

 

  • Mendiskusikan komplemen suatu himpunan.
  • Menuliskan komplemen suatu himpunan.
  • Menuliskan notasi komplemen suatu  himpunan.
 

  • Menjelaskan kurang (difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya.

 

 

 

  • Menjelaskan komplemen suatu himpunan.

 

 

  • Tugas individu.
 

  • Uraian singkat.
 

1.   Jika A = Himpunan bilangan bulat antara -5 dan 5, dan  B = Himpunan bilangan ganjil kurang dari 0, maka

 

 

 

 

2.   Tulislah komplemen dari X = {2, 4, 6, 8, 10} jika himpunan semestanya adalah S = Himpunan bilangan bulat lebih dari atau sama dengan 0 dan kurang dari atau sama dengan 10

 

2 ´ 40’

 

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 2, Erlangga.

.

  • Buku referensi    lain.

 

 

 

4.4.    Menyajikan himpunan dengan   diagram Venn.

 

Himpunan.

 

 

 

  • Mendiskusikan cara-cara menyajikan himpunan termasuk menggunakan diagram.
  • Menggambar diagram Venn untuk berbagai himpunan.
  • Menggunakan diagram Venn untuk menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan.
  • Menggunakan diagram Venn untuk menyajikan  komplemen suatu himpunan.
 

  • Menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan dengan diagram Venn.

 

 

 

  • Menyajikan komplemen suatu himpunan dengan diagram Venn.
 

  • Tugas individu.
 

  • Uraian singkat.
 

1.      Gambarlah pada satu diagram Venn himpunan-himpunan berikut ini.

P = {k, l, m, n, o, p, q, r, s, t}

Q = {h, i, j, k, l, m}

Manakah yang merupakan P ∩ Q?

Manakah yang merupakan P U Q?

 

2.    Gambarlah pada satu diagram Venn jika himpunan semesta S = Himpunan semua bilangan bulat, dan A = Himpunan bilangan bulat antara 0 dan 10.

Manakah yang merupakan Ac?

 

2 ´ 40‘

 

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 2, Erlangga.

.

  • Buku referensi    lain.

 

 

 

4.5.    Menggunakan konsep himpunan  dalam pemecahan masalah.

 

Himpunan.

 

 

  • Menggunakan diagram Venn untuk menyelesaikan masalah sehari-hari.
 

  • Menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan diagram Venn dan konsep himpunan.
 

  • Tugas individu.
 

  • Uraian singkat.
 

Terdapat 25 siswa perempuan yang dikelompokkan menurut pilihan kesukaan “menjahit“ atau “memasak“. Ternyata terdapat      18 siswa perempuan suka menjahit, 13 suka memasak, dan 12 suka keduanya. Berapa siswa perempuan yang tiak suka menjahit dan memasak?

 

2 ´ 40‘

 

 

 

   

Himpunan.

 

 

 

  • Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan himpunsn.

 

 

 

 

 

  • Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai      himpunan.
 

  • Ulangan harian.
 

  • Uraian singkat.

 

 

 

  • Pilihan ganda.
 

1.    Dalam satu kelompok siswa,          12 siswa gemar voli, 16 siswa gemar tennis, dan 11 siswa gemar kedua-duanya. Banyak siswa yang tidak gemar Matematika dan Sains adalah….

 

2.    Q adalah himpunan bilangan prima antara 1 dan 19. Banyak anggota Q adalah …

a.  6                   c.  8

b.  7                   d.  9

 

2 ´ 40’

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 2, Erlangga.

.

  • Buku referensi    lain.

 

 

Standar Kompetensi   : GEOMETRI

5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya.

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok

Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu

(menit)

Sumber Belajar
Teknik Bentuk Instrumen Contoh

Instrumen

 

5.1.     Menentukan hubungan  antara dua garis, serta besar dan jenis sudut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.2.     Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain.

 

 

Garis dan Sudut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Garis dan Sudut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

.

 

  • Mengenal sudut.

 

  • Mendiskusikan satuan sudut yang sering digunakan.

 

  • Melakukan pengukuran dan penggmabaran terhadap sudut  dengan menggunakan busur derajat.

 

 

 

  • Mendiskusikan jenis-jenis sudut.

 

 

  • Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kedudukan garis dan besar sudut.

 

 

 

  • Mengenal sudut yang masing-masing saling berpenyiku, berpelurus, dan bertolak belakang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Mendiskusikan kedudukan dua garis pada masalah kontekstual.

 

 

  • Menggambar garis sejajar.

 

 

  • Membagi garis menjadi n sama panjang.

 

 

  • Mengidentifikasi kedudukan sudut-sudut yang terjadi jika dua garis dipotong garis lain.

 

  • Mendiskusikan kedudukan dua garis sejajar yang dipotong garis lain untuk menemukan sifat-sifat sudut yang terjadi.

 

 

 

 

 

  • Menyelesaikan soal dengan menggunakan sifat-sifat sudut yang terjadi jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain.

 

 

 

  • Mengenal satuan sudut yang sering digunakan.
  • Mengukur besar sudut dan menggambar sudut dengan menggunakan busur derajat.
  • Menjelaskan perbedaan jenis sudut (sudut lancip, siku-siku, tumpul, dan lurus).
  • Menyelesai-kan masalah yang melibatkan satuan sudut.

 

 

  • Mengenal hubungan antar sudut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Menjelaskan kedudukan dua garis (sejajar, berimpit, berpotongan, bersilangan, garis vertikal dan garis horizontal) melalui benda konkrit.

 

  • Menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis lain.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk menyelesaikan soal.
 

  • Tugas individu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Tugas individu.
 

  • Uraian singkat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Uraian

singkat.

 

1.    Apakah satuan yang digunakan utuk mengukur besar sudut?

 

2.    Ukurlah besar sudut berikut dengan menggunakan busur derajat.

 

 

3.   Jenis sudut apakah gambar sudut pada contoh instrumen no. 3 di atas?

 

4.   Perhatikan gambar di bawah. Jika besar , tentukan besar .

D

x +

3x      B                     C

 

 

1. Perhatikan gambar di bawah ini.

J

K

 

 

P

M                   L

 

N

 

Sebutkan:

a.  Pasangan sudut yang saling

bertolak belakang.

b.  Pasangan sudut yang saling

berpenyiku.

c.  Pasangan sudut yang saling

berpelurus.

 

2.   Dari masalah kontekstual ini, manakah yang menunjukkan konsep sejajar?

a.  Tapak 2 ban delman di pasir.

b.  Jalan layang.

c.  Dua jalan yang bertemu di

persimpangan.

 

 

3. Perhatikan  gambar di bawah ini.

 

 
5   6

 

1    2          8    7

3

4

 

Dari gambar tersebut, sudut-sudut manakah yang sama besar?

 

 

4.   Tentukan besar sudut yang belum diketahui dari gambar ini, dan jelaskan.

 

 

 

 

 

4 ´ 40’

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6 ´ 40’

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 2, Erlangga.

 

  • Penggaris, jangka, dan busur

.

  • Buku referensi    lain.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.3.     Melukis sudut.

 

Garis dan Sudut.

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Melukis sudut dengan menggunakan busur, jangka, penggaris, dan pensil.
  • Melukis sudut ,, , dan  dengan menggunakan busur, jangka, penggaris, dan pensil.
  • Melukis sudut siku-siku dengan menggunakan sepasang penggaris berbentuk segitiga siku-siku.
 

  • Melukis sudut yang besarnya diketahui dengan menggunakan busur dan jangka.
  • Melukis sudut ,, , dan .
 

  • Tugas individu.
 

  • Uraian singkat.
 

  • Lukislah sudut KLM berikut.

K M

 

 

 

 

 

L

 

2 ´ 40‘

 

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 2, Erlangga.

.

  • Buku referensi    lain.

 

 

5.4.    Membagi sudut.

 

Garis dan Sudut.

 

 

  • Menggunakan penggaris, jangka, dan pensil untuk membagi sudur menjadi dua bagian sama besar.

 

 

 

 

  • Membagi sudut menjadi dua bagian sama besar.

 

 

  • Tugas individu.
 

  • Uraian singkat.
 

  • Bagilah sudut ABC berikut menjadi dua sudut yang sama besar.

B

A

 

 

C

 

2 ´ 40‘

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 2, Erlangga.
  • Buku referensi    lain.
   

Garis dan Sudut.

 

 

  • Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan sudut, mengukur dan menggambar sudut, membedakan jenis sudut, menyelesaikan masalah yang melibatkan satuan sudut, mengenal hubungan antar sudut, menjelaskan kedudukan dua garis, menggambar garis sejajar, membagi garis menjadi n sama panjang, menemukan sifat-sifat garis dan sudut, serta melukis dan membagi sudut.
 

  • Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai garis dan sudut.

 

 

 

  • Ulangan harian.
 

  • Uraian singkat.

 

 

 

 

 

 

.

 

 

1.    Gunakan jangka untuk menggambar yang besarnya , kemudian buatlah  sehingga  (tanpa busur derajat).

2.    Pasangan sudut yang sehadap adalah ….

 

 

1

2

5    6              3

7           4

8

 

 

2 ´ 40‘

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 2, Erlangga.

.

  • Buku referensi    lain.

 

 

Standar Kompetensi   : GEOMETRI

6. Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya.

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok

Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu

(menit)

Sumber Belajar
Teknik Bentuk Instrumen Contoh

Instrumen

 

6.1     Mengidentifi-kasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya.

 

 

Segitiga dan Segi Empat.

 

 

 

 

 

  • Mendiskusikan jenis-jenis segitiga berdasarkan sudut-sudutnya dengan menggunakan model segitiga.
  • Mendiskusikan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dengan menggunakan model segitiga.
  • Menyelidiki berapa derajat jumlah sudut dalam segitiga, serta jumlah sudut luar segitiga.
 

  • Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dan besar sudutnya.

 

 

  • Tugas individu.
 

  • Uraian singkat.
 

1.   Diketahui segitiga dengan besar tiap-tiap sudutnya , dan . Segitiga apakah itu?.Jelaskan.

 

2.   Dari segitiga PQR diketahui sisi PQ = QR. Segitiga PQR merupakan segitiga ……

 

 

 

2 ´ 40‘

 

 

  • Model-model segitiga, benda-benda di sekitar kelas, dan model bangun datar dari kertas,
 

6.2.    Mengidentifi-kasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang.

 

Segitiga dan Segi Empat.

 

 

 

  • Mengenal bentuk bangun datar seperti jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layang.
  • Menggunakan lingkungan untuk mendiskusikan pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layang menurut sifatnya.

 

  • Mendiskusikan sifat-sifat segi empat ditinjau dari diagonal, sisi, dan sudutnya.
 

  • Menjelaskan pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layang menurut sifatnya.
  • Menjelaskan sifat-sifat segi empat ditinjau dari sisi,  sudut, dan diagonalnya.
 

  • Tugas individu.
 

  • Uraian singkat.
 

1.     Persegi merupakan belah ketupat dengan sifat khusus. Berdasarkan pernyataan tersebut, buatlah pengertian persegi.

 

 

2.     Tulislah nama bangun datar yang sesuai dengan sifat berikut. Jawaban dapat lebih dari satu.

a.        Sisi yang berhadapan sama panjang.

b.        Sudut-sudut yang berhadapan tidak sama besar.

c.        Diagonal-diagonalnya  membagi 2 sama panjang.

 

2 ´ 40’

 

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 2, Erlangga.

 

  • Buku referensi    lain.

 

 

 

6.3.    Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.

 

Segitiga dan Segi Empat.

 

 

  • Menemukan rumus keliling bangun segitiga dan segi empat dengan cara mengukur panjang sisinya.
  • Menemukan luas persegi dan persegi panjang menggunakan petak-petak (satuan luas).
  • Menemukan luas segitiga dengan menggunakan luas persegi panjang.
  • Menemukan luas jajargenjang, trapesium, layang-layang, dan belah ketupat dengan menggunakan luas segitiga dan luas persegi atau persegi panjang
  • Menggunakan rumus keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat untuk menyelesaikan masalah.

 

 

  • Menurunkan rumus keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat.

 

 

 

 

 

  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat.

 

 

  • Tugas individu.
 

  • Uraian singkat.
 

1.   Tentukan luas dan kelilng segi empat berikut.

 

5 cm

 

8 cm

2.   Tentukan luas dan keliling segitiga berikut.

 

6,4 cm             4 cm

 

5 cm

3.   Diagram di bawah ini menunjukkan taman berbentuk segitiga.

 

6 m              10 m

 

10 m

Tutik ingin memberi pupuk ke seluruh tanah di tamannya. Satu bungkus pupuk dapat digunakan untuk memupuki 8 m2. Berapa

bungkus pupuk yang akan diperlukan Tutik?

 

6 ´ 40‘

 

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 2, Erlangga.

.

  • Buku referensi    lain.

 

 

 

6.4.    Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu.

 

Segitiga

 

 

 

 

 

  • Menggunakan penggaris, jangka, dan busur derajat untuk melukis garis tegak lurus, garis bagi sudut, dan sumbu ruas garis.
  • Menggunakan penggaris, jangka, dan busur  untuk melukis segitiga, jika diketahui:

– Ketiga sisinya

– Dua sudut dan satu sudut apitnya

– Satu sisi dan dua sudut

  • Menggunakan penggaris dan jangka untuk melukis garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu suatu segitiga
  • Menggunakan penggaris, jangka, dan busur derajat untuk melukis segitiga sama kaki dan segitiga sama sisi.
 

  • Melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut.

 

 

  • Melukis garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu suatu segitiga.

 

  • Melukis segitiga sama kaki dan segitiga sama sisi.
 

  • Tugas individu.
 

  • Uraian singkat.
 

1.   Lukislah sebuah segitiga jika diketahui besar 2 sudutnya adalah  dan 80o , dan satu sisinya adalah 5 cm.

 

 

 

 

 

 

 

2.  Diketahui sebuah segitiga PQR dengan sisi 6 cm, 8 cm, dan      9 cm. Lukislah semua garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu segitiga tersebut.

 

3.  Lukislah sebuah segitiga ABC dengan AC = BC = 4 cm dan AB = 3 cm.

 

4 ´ 40‘

 

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 2, Erlangga.

.

  • Buku referensi    lain.

 

 

   

Segitiga dan Segi Empat.

 

 

 

  • Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan segitiga dan segi empat.

 

 

 

 

  • Mengerjakan soal dengan  baik berkaitan dengan materi mengenai segitiga dan  segi empat.

 

 

 

  • Ulangan harian.
 

  • Uraian singkat.

 

 

  • Pilihan ganda.

 

 

 

 

1.   Diketahui layang-layang OABC dengan O(0, 0), A(8, 5), B(8, 3), dan C(5, 8). Tentukan luas laying-layang itu.

 

2.    Sebuah segitiga siku-siku mempunyai alas dan tinggi yang sama dengan panjang dan lebar suatu persegi panjang. Perbandingan kelilingnya adalah ….

a.  Keliling segitiga sama besar

b.  Keliling persegi panjang lebih besar.

c.  Kelilingnya sama

d.  Tidak dapat dijelaskan

 

2 ´ 40‘

 

  • Buku Matematika SMP Kelas VII    Semester 2, Erlangga.

.

  • Buku referensi    lain.

 

 

 

 

Sumedang,     Juli 2009

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                                                                                                         Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Tatang Kusnita, S.Pd. Nida Kurniati, S.Pd.

NIP. 130935021

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s